TOT Linux oleh LUGU & FT UMRAH

Selasa, 21 Juni 2011

Hal yang harus dilakukan sebelum proses training berjalan adalah registerasi terlebih dahulu. Setelah itu Panitia akan memberikan materi yang akan dibahas oleh Trainer . Para Peserta TOT ini datang sebelum jam ditentukan dan pulang sesuai dengan jadwal yang ada ditentukan oleh para panitia. Training ini dikhususkan untuk mahasiswa dan mahasiswi Universitas Maritim Raja Ali Haji saja. Training ini dimaksudnya kepada para mahiswa lebih mengenal Linux itu seperti apa dan penggunaanya bagaimana. Agar mahasiswa ataupun mahasiswi ini nantinya mampu memahami penggunaan LINUX itu sendiri.

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah para peserta TOT mulai memasuki tempat pelatihan IT yang berada di Gedung IT center- BP Batam, karena tempat ini sesuai untuk pelatihan yang diadakan oleh LUGU dan bekerja sama dengan BP Batam. Tempatnya cukup untuk memenuhi peserta ± 30 org. karena Peserta melonjak cukup tajam ,proses pelatihan ini dibagi 2 sesi. sesi pertama untuk Mahasiswa yang berada di Batam dan sesi kedua untuk mahasiswa Tanjung Pinang. Antusisme para mahasiswa begitu baik ketika satu persatu mahasiswa menanyakan hal-hal yang mereka tidak mengerti kepada Pak Trainer itu. Bapak itu lalu menjelaskan bagaimana dan cara-cara yang tepat dalam penggunaan LINUX itu sendiri.

Ini merupakan sedikit cuplikan bagaimana seorang Trainer melatih mahasiswa agar mampu menangangi setiap permasalahan yang terjadi pada LINUX itu sendiri. Mengajarkan setahap demi tahap proses pemecahan itu dapat ditangani oleh mahasiswa itu nantinya. Hal ini tentunya disambut baik oleh para mahiswa yang ingin belajar lebih mendetail tentang LINUX ini dan nantinya mampu menggunakan LINUX ini kembali pada Komputer atau Lapotop mereka masing-masing serta mampu menjadi seorang traineng jika sewaktu dibutuhkan oleh perusahan-perusahan. amin ya rabbal alamin . Hal lain yang patut dikupas adalah proses training ini adalah apa yang nantinya mahasiswa dapatkan mampu mengajarkan kepada rekan-rekannya atau pihak-pihak manapun yang ingin mempelajari LINUX itu sendiri. Jadi hasil informasinya bisa dibagikan kepada orang lain bukan milik pribadi saja. ^^

0 komentar: